Sondag 10 Maart 2013

BAND REGGAE TERKENAL DI INDONESIA

Beberapa nama yang terkenal dalam dunia musik Reggae dan sub-ragamnya Indonesia antara lain Tony Q Rastafara, Souljah, Ras Muhamad, Joni Agung (Bali), New Rastafara, Marasta (Yogyakarta),dan Mbah Surip (Mojokerto). Selain itu ada juga grup reggae Coconut Head yang berasal dari Medan. Band reggae ini termasuk band pertama yang menggunakan nama "Coconut Head" di seluruh dunia.

Tony Q Rastafara



Tony Waluyo Sukmoasih (populer dengan nama Tony Q atau Tony Q Rastafara; lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961; umur 50 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia beraliran reggae yang telah aktif di ragam tersebut sejak tahun 1989. Dia bersama grup musiknya Rastafara memopulerkan istilah "rambut gimbal" (gaya rambut dreadlock) di Indonesia lewat lagu dengan judul yang sama pada tahun 1996. Tony Q telah menjadi ikon musik reggae Indonesia. Dia dianggap sebagai pelopor reggae di Indonesia, karena dia tak hanya berkecimpung di ragam tersebut sejak lama, namun juga mengembangkan karakter musik reggaenya sendiri, dimana dia memasukkan banyak unsur tradisional Indonesia ke musiknya, dan mengangkat tema-tema khas Indonesia dalam musiknya.

Souljah



Souljah merupakan sebuah band Jamaican Music yang sudah terbentuk dari tahun 1998, ketika sebagian besar personilnya masih kuliah di Universitas Indonesia. Pada tahun 1999 mereka menandatangani kontrak dengan Sony Music Indonesia. Selang beberapa tahun, tepatnya pada tahun 2003 mereka dipercaya untuk ikut album kompilasi “Asian Ska Foundation” yang diproduksi oleh sebuah label Jepang, Authority Records.

Ras Muhamad




nama Muhamad diambil dari nama pertama Muhamad Egar. Sedang nama sebutan Rasdiambil dari kosa kata bahasa Jamaika yang berarti bung/brur/mas. Akar kata Rasberasal dari kata Rastaman atau orang yang telah memahami falsafah dan ajaran RasTafari. Kata Ras sendiri dalam bahasa Amharik (Ethiopia) berarti Prince, putrabangsawan. Kalo boleh mengutip kata-kata Om Bob Marley "Reggae music is King Music", musik Reggae adalah musik yang disuguhkan untuk para bangsawan/Royal Music.

Joni Agung 



Dari Bali, musik reggae disemai ke seluruh bumi Nusantara.Tumbuh dan berkembangnya kultur reggae di Bali, antara lain,  tidak bisa dipisahkan dari  Joni Agung atawa Gung Joni yang menjadi fronline Doble T, band reggae yang didirikan tahun 2003, yang membuat terobosan reggae mebasa Bali (berbahasa Bali). Joni Agung adalah sosok yang berpengaruh bagi musisi reggae di Pulau Dewata, menjadi mentor bagi band-band reggae anyar. Lagu-lagunya, yang dapat disimak dalam tiga album: Pocol (2005), Melalung (2006), dan Pul Si Noge (2007), begitu populer di telinga anak muda, sarat dengan kritik, ironi dan membawa pesan perdamaian. Joni yang menyukai busana warna putih saat tampil, acapkali manggung di berbagai festival di Bali, berkolaborasi dengan musisi reggae dari Jamaica, seperti nampak dalam foto. Dengan formasi Joni Agung ( lead vocal), Mayun (keyboad / back vocal),D’ Alit (lead guitar/back vocal), Tilem (guitar bass) dan Rodi (drum)

Mbah Surip 



Urip Achmad Rijanto (lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 6 Mei 1957 – meninggal di Jakarta, 4 Agustus 2009 pada umur 52 tahun) atau lebih populer sebagai Mbah Surip, adalah seorang penyanyi Indonesia. Ia populer karena tawanya dan gayanya yang unik, dan karena lagu Tak Gendong dari album tahun 2003-nya yang juga berjudul Tak Gendong.

Coconut Head



Coconut Head yang berarti Kepala Kelapa disini dimaksudkan karena reggae slalu identik dengan pantai, dan pantai identik dengan kelapa. So, kami menginginkan jadi kepala (lokomotif) musik reggae di Medan. Inspirasi nama band kami terwujud saat Manager kami (Richard Chaney) membuka café dengan nama Coconut Head yang bertempat di Thailand tapi hanya berjalan 6 bulan dan pada saat membuka studio musik, kamipun memberi nama Coconut Head tuk studio itu dan juga nama band kami ini..

Steven & Coconut Treez



Steven & Coconut Treez merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang berdomisli di Jakarta. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2005. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu A Ray (gitar), Teguh (gitar), Rival (bass), Iwan (keyboard), dan Aci (drum). Album pertamanya ialah The Other Side dirilis pada tahun 2005. Band ini umumnya bergenre reggae.


Steven Jam                              


 


Steven Jam adalah sebuah konsep solo beraliran musik Reggae, dengan album title “Feel The Vibration”, merupakan album yang berisi 11 lagu mengangkat tema keseharian, sosial, dan cinta. Semua lagu dalam album ini adalah ciptahan Steven Nugraha Kaligis (vokalis Steven & Coconutreez). Konsep dasar album ini adalah Reggae namun diberikan sentuhan musik modern, seperti Pop, Rock, dll sehingga kiranya dapat diterima oleh segala lapisan.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking